Xiaomi Siapkan Prosessor Sendiri

Sukses dengan langkah sebagai pembuat ponsel pintar, Xiomi kini menyiapkan chipset sendiri untuk ponsel terbarunya.

KoranKu – China – Sukses dengan langkah sebagai pembuat ponsel pintar, Xiomi kini menyiapkan chipset sendiri untuk ponsel terbarunya.

Ekspansi bisnis Xiomi sebagai pembesut chipset disebut-sebut setelah perusahaan berhasil mengembalikan ritme bisnisnya.

Chipset yang dinamakan Surge S1 didesain oleh Xiomi untuk disematkan pada ponsel segmen menengah yaitu Xiaomi Mi 5C.

Xiaomi Mi 5C baru saja diluncurkan pada Jumat lalu (24/02/2017) dan angsung mencurit hati para penggila ponsel pintar di China.

Kemunculan chipset Xiaomi tentu melengkapi ekosistem yang dikembangkan seperti robot pembersih ruangan, drone, kamera sport, elektronik, hingga perabotan rumah tangga.

Keputusan untuk mengembangkan sendiri chipset ponsel tentu membantu Xiaomi memangkas biaya dna ketergantungan pada pasokan dari luar.

Di sisi lain, perusahaan memiliki kesempatan mengoptimalkan peranti lunak dan peranti keras ponsel, hal ini juga yang menjadi ciri khas utama Apple pada iPhone.

CEO Lei Jun dalam sebuah kesempatan menyatakan kemunculan chipset besutan sendiri merupakan bagian dari rencana 10 tahun Xiaomi yang ingin menuai ponsel lebih baik secara konsisten untuk mendobrak industri.

“Surge S1 bisa menjadi langkah awal membantu Xiaomi mengurang ketergantungan pada pemasok seperti MediaTek dan Qualcomm”, ungkap Bryan Ma, selaku Wakil Presiden bidang penelitian perangkat IDC.

Bryan Ma menegaskat saat ini Xiaomi masih akan sedikit tergantung pada mitra pemasok dan sedikit demi sedikit menguranginya saat produksi chipset sudah sebanding dengan produksi perangkat.

Chipset Surge S1 octacore diproduksi oleh anak perusahaan Pinecone Electronics dengan kerjasama pembuat Cina Leadcore.

Surge S1 dibangun dengan proses manufaktur  28 nanometer dengan empat core 2,2 GHz berperforma tinggi dan empat inti 1,4 GHz lainnya berdaya rendah, kartu pemrosesan grafis Mali T-860 dan mampu memutar video 4K.

Leave a Reply