Wayang Indonesia Menarik Perhatian 14 Negara

Pertunjukkan Wayang Indonesia bertema ‘The Revelation of God through the holy spirit : Received by Romo Resi Brotonirmoyo’ yang digelar di Borobudur International Golf & Country Club, Lembah Gunung Tidar itu sukses memikat duta besar dari belasan negara sahabat.

KoranKu – Indonesia – Pertunjukkan Wayang  Indonesia bertema ‘The Revelation of God through the holy spirit : Received by Romo Resi Brotonirmoyo’ yang digelar di Borobudur International Golf & Country Club, Lembah Gunung Tidar itu sukses memikat duta besar dari belasan negara sahabat.

Pertunjukkan yang digagas Tidar Heritage Foundation (THF) itu memang bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

Beberapa duta besar yang hadir berasal dari Australia, Fhilipina, Hungaria, Jerman, Kroasia, Laos, Lebanon, Mongolia, Oman, Venezuela, Serbia, China, dan Panama.

Para tamu undangan semakin meriah, karena pesinden yang tampil berasal dari sejumlah negara seperti, Hiromi Kano (jepang), Dora Hyorfi (Hungaria) dan Agnes Feroso (Amerika Serikat).

Mereka juga diiringi oleh pemain saksofon kelas dunia seperti Harry Wisnu, penyanyi Rebecca Quento dan Gracia.

Terlebih lagi ada Kitsie Emerson yang merupakan lulusan PhD Wayang Studies dari Universitas Leiden di Belanda.

Emerson adalah pecinta budaya asal Michigan, Amerika Serikat yang bertugas menerjemahkan pertunjukkan itu secara simultan ke dalam bahasa Inggris.

Lalu ada Jirg Kinnen, Kepala Divisi Pers dan Kebudayaan Kedutaan Jerman yang terlihat menikmati pertunjukkan itu. “Saya suka. Saya sangat menikmatinya, ada panduan yang membantu untuk memahami jalan cerita”, ungkapnya.

Hadir juga sejumlah tokoh seperti Cosmas Batubara, Fadel Mohammad, Mardiyanto, Didik Nini Thowok dan Ibu Jero Wacik. Adapun, Kementrian Pariwisata diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty dan Sekretaris Tim Percepatan Borobudur Watie Murani.

Salah satu pendiri THF, menyebutkan pertunjukkan itu merupakan bentuk kontribusi yayasan untuk lebih mengenalkan budaya Indonesia pada dunia.

“THF ingin berkontribusi pada negara, bangsa bahkan kepada dunia melalui promosi perdamaian dan harmoni, salah satunya lewat pertunjukkan budaya”, ungkap salah satu pendiri THF.

Leave a Reply