Wajah Bijaksana Ibu Soed Hadir di Google Doodle

Bila anda membuka Google Doodle Minggu ini (26/03/2017), ada terpampang wajah bersahaja perempuan bersanggul dengan bibir bergerak menyanyi. Lalu, ada tiga anak asyik mendengarkan nada Google melalui sebuah radio.

KoranKu – Indonesia – Bila anda membuka Google Doodle Minggu ini (26/03/2017), ada terpampang wajah bersahaja perempuan bersanggul dengan bibir bergerak menyanyi. Lalu, ada tiga anak asyik mendengarkan nada Google melalui sebuah radio.

Google Doodle itu dibuat untuk merayakan hari lahir ke-109 Saridjah Niung atau yang lebih dikenal dengan Ibu Soed.

Nama Ibu Soed popular di industry music anak, ia merupakan tokoh besar di bidang music Indonesia yang menciptakan banyak lagi soal patriotism dan anak-anak.

Ia lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 26 Maret 1908. Ibu Soed bisa disebut ‘Ibu’ untuk lagu anak-anak. Lagu ciptaannya termasuk Burung Ketilang, Kereta Apiku, Hai Becak, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Menanam Jagung dan Tik Tik Bunyi Hujan.

Meski lekat dengan lagu anak, Ibu Soed sejatinya tidak hanya berkecimpung disana, ia juga menciptakan sejumlah lagu bernada patriot di era kemerdekaan.

Nasionalismenya ‘Terbakar’ setelah mengiringi lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman pertama kali di Sumpah Pemuda.

Saat momen bersejarah 28 Oktober 1928 itu, dimana Ibu SOed memainkan biola, ia mulai menciptakan lagu-lagu nasional.

Rasa nasionalismenya bisa diresapi dari lagu-lagu seperti Berkibarlah Benderaku, Bendera Merah Putih, Indonesia Tumpah Darahku, dan Tanah Airku.

Liriknya sangat mengena hingga lubuk hati, sebab Ibu Soed sendiri besar di masa kolonoal Hindia Belanda.

Ia juga saksi perjuangan kemerdekaan, bahkan suatu kali ia pernah menjadi sasaran aksi pasukan Belanda akibat aktivitasnya di pergerakan nasional pada 1945 hingga rumahnya digledah.

Total, selama hidupnya, sosok yang juga pernah menjadi guru, penyiar radio, pemain teater, dan pelukis batik itu telah menciptakan sekitar 200 lagu, anak maupun nasional.

Leave a Reply