Tips Tidur Nyenyak Dengan Teknik dari Dr. Andrew Weil

Bila anda sangat lelah tetapi tidak kunjung bisa beristirahat, meski sudah meminum susu hangat hingga mematikan seluruh lampu di ruangan, ada satu teknik sederhana yang bisa anda mencoba.

KoranKu – Indonesia – Bila anda sangat lelah tetapi tidak kunjung bisa beristirahat, meski sudah meminum susu hangat hingga mematikan seluruh lampu di ruangan, ada satu teknik sederhana yang bisa anda mencoba.

Trik atau tips ini dikenal dengan nama teknik pernafasan 4-7-8 yang dikembangkan dokter bernama Andrew Weil, teknik ini mengombinasikan pernafasan dengan meditasi dan sangat mudah untuk dilakukan.

“Cara ini benar-benar sederhana, tidak membutuhkan waktu, tidak perlu peralatan dan bisa dilakukan dimana saja”, ungkap Andrew Weil.

Angka 4, 7 dan 8 sendiri merujuk pada kombinasi waktu yang memang harus anda hitung, langkah pertama adalah menarik napas dan kemudian mengembuskan sepenuhnya melalui mulut sembari mengeluarkan suara desiran ‘whooosh’.

Lalu muncul angka pertama, letakkan ujung lidah anda di belakang gigi bagian depan dan kemudian tarik napas selama empat detik.

Kedua, yaitu 7, merujuk pada seberapa lama anda selanjutnya harus menahan napas. Kemudian, lepaskanlah napas selama delapan detik.

Ulangi langkah tersebut hingga tiga kali, jika tepat dilakukan, teknik 4-7-8 ini hanya memakan waktu selama satu menit.

Teknik ini diyakini bisa menurunkan tekanan darah serta menjadi resep yang mujarah untuk mengatasi kegelisahan.

Salah satu rahasiannya adalah karena oksigen ekstra pada saraf parasimpatis memiliki efek menenangkan.

“Perhatikan dengan seksama, anda harus selalu menghirup udara dengan tenang melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut sampai terdengar. Ujung lidah tetap berada di posisi yang tidak berubah sepanjang waktu”, ungkap Andrew Weil.

Leave a Reply