Tips Tentukan Kualitas Sushi Salmon

Sushi adalah salah satu makanan yang cocok disantap saat anda tidak ingin makan terlalu kenyang, selain itu sushi juga menjadi pilihan saat ingin menikmati rasa asli bahan makanan yang minim bumbu.

KoranKu – Indonesia – Sushi adalah salah satu makanan yang cocok disantap saat anda tidak ingin makan terlalu kenyang, selain itu sushi juga menjadi pilihan saat ingin menikmati rasa asli bahan makanan yang minim bumbu.

Namun, kesempurnaa rasa sushi ditentuntukan oleh kesegaran bahan baku pembuatnya. Nigiri sushi misalnya, ikan yang menjadi bahan baku utamanya haruslah segar.

Irisan tipis ikan tuna, Scallop dan udang menjadi penentu kenikmatan sushinya. Hanya saja, adakah cara praktis menentukan kesegaran sushi.

Berikut cara paling praktis mencari sushi segar :

1.Aroma

Ikan yang segar pastinya memiliki aroma yang juga segar, tidak ada bau menyengat atau bau busuk yang tercium.

 

2.Tekstur

Tekstur ikan juga bisa memperlihatkan kesegaran ikan, Salmon misalnya, tekstur yang kenyal menandakan ikan yang dipakai masih segar dan enak untuk disantap.

 

3.Warna

Warna irisan dagin ikan haruslah alami, hal ini tidak berarti warna yang semakin terang maka daging makin segar untuk disantap.

Pada ikan tuna misalnya, daging yang sangat merah tentu segar. Beberapa penjual daging tuna mahal seringkali menyepuh dagingnya sehingga warna daging ikannya makin merah dan terlihat segar.

“Dagin ikan tuna yang segar dengan kualitas terbaik seharusnya memiliki warna pink kemerahan”, ungkap Sushi Chef Katsuki Toshihisa dari Nishimura restoran Jakarta.

“Pastinya, ikan tuna yang segar itu memiliki daging berwarna pink dan sedikit berminyak”, lanjutnya.

 

4.Waktu

Waktu terbaik untuk makan siang dengan rasa yang paling segar adalah 5 detik setelah disajikan. Chef Katsuki mengungkapkan, setelah 5-10 detik setelah dibuat, kualitas sushi terutama nasi dan daging ikannya sudah mulai menurun. Sebenarnya sushi masih bisa dimakan, hanya saja dianggap kualitasnya sudah berkurang.

Leave a Reply