Thailand Bereksprimen Ubah Buah Durian Menjadi Cokelat

Faktor yang membuat banyak orang benci durian adalah aromanya yang menyengat. Bahkan selain dijuluki rajanya buah, durian juga disebut-sebut sebagai buah paling bau di dunia.

KoranKu – Thailand – Faktor yang membuat banyak orang benci durian adalah aromanya yang menyengat. Bahkan selain dijuluki rajanya buah, durian juga disebut-sebut sebagai buah paling bau di dunia.

Namun aroma menyengat ini ternyata tak menyurutkan kreativitas orang untuk mengolah buah berkulit duri itu.

Thailand sebagai negara yang khas dengan durian ternyata mengupayakan buah ini diolah menjadi bentuk lain yang bisa memikat wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Olahraga Kobkarn Wattanavrangkul menggandeng perusahaan camilan populer dunia, Nestle untuk mengolah durian.

Buah lokal Thailand ini akan diubah menjadi cokelat batang Kit Kats, bukan hanya durian saja yang akan diubah.

Sang menteri mengaku juga mengusulkan buah manggis dan buah asam menjadi varian rasa cokelat tersebut. Namun pihak perusahaan lebih menyukai ide mengubah durian jadi cokelat.

Banyak orang beranggapan bahwa jika durian benar-benar diubah jadi cokelat, kemungkinan ini akan jadi cokelat paling bau di dunia.

Namun sebenarnya, produsen cokelat di Indonesia sudah lama membuat cokelat yang ditambahkan rasa durian di dalamnya.

Tak dimungkiri kalau banyak yang menganggap durian sebagai rasa yang aneh untuk kreasi rasa cokelat. Perusahaan-perusahaan lain di dunia sempat membuat beragam rasa aneh untuk cokelat.

Beberapa rasa aneh ini di antaranya adalah rasa roti panggang dari Komforte Chockolates. Cokelat ini dibuat dari campran cokelat susu, keripik bagel, molasses, kayu manis, dan pala bubuk.

Rasa cokelat aneh lainnya juga termasuk cokelat buatan Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dari Dubai. Dia membuat cokelat dengan bahan dasar susu unta.

Pembuat cokelat Gail Ambrosius juga pernah membuat cokelat dengan rasa jamur shiitake di dalamnya. Bila itu belum terasa aneh, maka seorang pembuat cokelat di Belgia memilih berkreasi dengan cokelat rasa tembakau Havana yang terkenal. Sedangkan pembuat cokelat Austria Josef Zotter memilih rasa kacang dan saus tomat untuk varian rasa cokelatnya.

Leave a Reply