Tema dan Alasan Lukisan Dewi Soekarno

Ramai dibicarakan tentang lukisan Dewi Soekarno tanpa busana yang diposting oleh Pevita Pearce akhirnya membuat sang pelukis, Ronald Manullang angkat bicara. Ronald yang memang pelukis dengan aliran realism kontemporer kerap melakukan pameran di luar negeri.

KoranKu – Indonesia, Jakarta – Ramai dibicarakan tentang lukisan Dewi Soekarno tanpa busana yang diposting oleh Pevita Pearce akhirnya membuat sang pelukis, Ronald Manullang angkat bicara. Ronald yang memang pelukis dengan aliran realism kontemporer kerap melakukan pameran di luar negeri.

Tema melukis Dewi Soekarno yang berdiri tanpa busana disamping Bung Karno yang tengah duduk sambil memegang buku “Under My Umbrella”.

Bahkan Ronald menegaskan , lukisan Dewi Soekarno dan Bung Karno ada 7 buah yang dibuatnya pada tahun 2011-2012.

Semua lukisan itu sudah dipajang dalam pameran di luar negeri, “Lukisan saya sudah pernah dipamerkan di Singapura, Sydney dan London”, tutur Ronald Manullang.

Tema “Under My Umbrella” seperti dikisahkan Ronald, memiliki cerita yang cukup panjang. Bermula saat ia ingin sekali melukis Soekarno namun tidak dengan tema yang biasa.

Ia pun melakukan riset, hingga mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Saat berada disana, Ronald melihat hal yang tidak biasa.

“Saya seperti melihat Bung Karno sedang ditemani malaikat. Kalau saat itu Bung Karno tidak ditemani malaikat, mungkin dia tidak akan tanda tangan naskah proklamasi”, ungkap Ronald.

Muncul ide untuk melukis Bung Karno dengan malaikat. Manurut Roland, malaikat yang ada di bayangannya merupakan sosok yang kasat mata, jadi tidak perlu menggunakan busana.

Saat itu terbersit untuk menggunakan rupa dan tubuh Dewi Soekarno, istri Bung Karno menggambarkan sosok malaikat tersebut. Dipilihnya Dewi, lantaran Ronald menilai perempuan berdarah Jepang itu adalah sosok seniman. Salah satu karyanya yang menjadi kontroversi adalah buku Madame de Syuga.

Leave a Reply