Spaghetti Meatballs Bukan Asli Italia

Mayoritas orang tahu kalau pasta berasal dari Italia. Memang ada ratusan jenis pasta yang dikenal di dunia, salah satunya adalah Spaghetti. Banya berbagai bentuk pasta bisa diolah dengan berbagai jenis masakan dan juga beberapa jenis bentuk saus.

KoranKu – Indonesia – Mayoritas orang tahu kalau pasta berasal dari Italia. Memang ada ratusan jenis pasta yang dikenal di dunia, salah satunya adalah Spaghetti.

Banya berbagai bentuk pasta bisa diolah dengan berbagai jenis masakan dan juga beberapa jenis bentuk saus.

“Spaghetti misalnya, sebaiknya diolah dengan saus tomat yang agak kental sehingga bisa melekat dihelaian Spaghetti”, ujar Chef Antonio Facchineti dari Fairmont Jakarta.

“Olahan Spaghetti saus tomat yang cukup popular adalah sajian dengan tambahan bakso. Hidangan ini dikenal dengan Spaghetti Meatball”.

Hanya saja, saat diolah menjadi Spaghetti Meatballs, menurut  Antonio bahwa ini bukan lagi masakan Italia.

Ia mengungkapkan bahwa sekalipun Spaghetti adalah makanan khas Italia, namun penambahan bakso daging atau Meatballs bukanlah ‘ide’ warga Italia sendiri.

“Banyak warga Italia berimigrasi ke Amerika, mereka membawa resep saus tomatnya. Saat di Amerika, mereka mengembangkannya dengan menambah bakso daging ke dalam sajiannya. Jadi ini lebih ke masakan Italia-Amerika, Italia tidak ada Spaghetti Meatballs”, ungkap Chef Antonio.

Antonio mengatakan Spaghetti Meatballs dikembangkan berdasarkan resep saus Neapolitan Ragu. Neapolitan Ragu sendiri adalah salah satu saus pasta yang terbuat dari soffrito, daging dan saus tomat.

“Mereka kemudian memodifikasi saus itu dengan membuat bola-bola daging kemudian memangganya hingga bumbu meresap”, lanjut Antonio.

Leave a Reply