Sebanyak 40 Pemuda Pemudi Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

KoranKu-Tegal-Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tegal menggelar Pelatihan Kewirausahaan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi RI, Senin (13/3/17) di Hotel Pessona Kota Tegal.

 

 

Pelatihan Kewirausahaan tersebut digelar atas dukungan dari Anggota DPR RI Fraksi PAN dari Dapil IX Jateng Ir. H. Teguh Juwarno MSi yang juga Ketua Komisi VI yang bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UMKM.

 

 

Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut yaitu Budi Mustopo dari Asdep Kewirausahaan Kementerian Koperasi, Aroman dari Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi serta Zaenudin dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah.

 

 

Ketua PD Aisyiyah Kota Tegal Dewi disela-sela kegiatan menjelaskan Pelatihan yang diikuti kurang lebih 40 orang peserta dari pemuda pemudi yang mempunyai rintisan usaha. “Yang baru mulai jualan kecil kecilan,jualan online atau meneruskan usaha orang tuanya yang berusia kurang dari 25 tahun,”ujarnya.

 

 

Tujuan diadakan pelatihan ini, kata Dewi untuk menumbuhkan kewirausahaan. Merubah maindset,
tidak harus menjadi pegawai tapi berwirausaha.
Teguh Juwarno melalui Staff Ahlinya Rizky menjelaskan saat ini Teguh Juwarno menjadi Ketua Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UMKM ingin mengalakkan Kewirausahaan khususnya di Daerah Pemilihan IX Jateng meliputi Kota/Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

 

 

“Di kisaran bulan Juni 2017 nanti, menurut rencana Teguh Juwarno bekerjasama dengan Kementerian Koperasi akan membentuk ‘Sahabat Mapan’. Nantinya akan dikelompokan antara 50-100 orang, untuk diberi pelatihan Kewirausahaan yang waktunya lebih panjang dan berkembang,”ungkapnya.

 

 

Pelatihannya, lanjut Rizky akan dilaksanakan di Tegal. Dan akan dipilih yang top 10-20 yang usahanya menampakkan perkembangan setelah pelatihan akan di kirim ke Jakarta mengikuti work shop.

 

 

Menurut Rizky, Sahabat Mapan akan menyasar pada pemuda pemudi berusia 25 tahun ke bawah dan memiliki usaha.”Teguh Juwarno ingin ada wirausaha baru yang tumbuh dan berkembang di Tegal dan Brebes. Sekaligus mensosialisasikan bahwa di Kementerian Koperasi dan UMKM, juga dapat memberikan bantuan modal untuk UMKM,”jelas Rizky.

 

 

Budi Mustopo dari Asdep Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UMKM menjelaskan bahwa program Kewirausahaan ini dimulai dari tahun 2011 dan tahun 2017 ini sudah tahun ke 7 yang dimulai dari sosialisasi ke Perguruan Tinggi dengan skala pelatihan yang lebih besar, lebih masif dan merubah maindset dari keinginan menjadi pegawai beralih kewirausaha.

 

 

“Tahun 2013 ada pertumbuhan 1.65 persen Kewirausahaan dan data terakhir data BPS di 2016 lalu dari 252 juta penduduk Indonesia, 7,8 jutu penduduk itu wirausaha jadi ada kenaikan 3,10 persen,”pungkasnya.

Leave a Reply