PIP Diharapkan Mampu Meningkatkan Mutu Pendidikan

Koranku-Tegal- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang SD dan SMP tingkat Kota Tegal Tahun Anggaran 2017, Selasa (4/4/17) di Gedung Eks Samsat Kota Tegal.

Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 – 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Johardi melalui Sekretaris Soni Sontani menyampaikan bahwa Kemendikbud dengan tugas dan kewenangannya melaksanakan PIP dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah, dan mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah.

PIP, lanjut Soni diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, dan menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan.

Menurut Soni, PIP ini bukan hanya bagi peserta didik di sekolah, namun juga berlaku bagi peserta di sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan serta balai latihan kerja atau satuan pendidikan non formal lainnya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Bagi pemerintah Kota Tegal, dengan adanya PIP ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan dan membantu penuntasan program wajib belajar 9 tahun serta mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai bekal dalam pembangunan manusia di masa yang akan datang.

Leave a Reply