Perayaan Nyepi Menarik Wisatawan Datang ke Bali

Suasana senyap saat perayaan Nyepi di Bali ternyata malah menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Pulau Dewata. Fakta itu diketahui dari kenaikannya tingkat hunian hotel selama hari raya umat Hindu.

KoranKu – Bali, Indonesia – Suasana senyap saat perayaan Nyepi di Bali ternyata malah menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Pulau Dewata. Fakta itu diketahui dari kenaikannya tingkat hunian hotel selama hari raya umat Hindu.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengatakan kalau tingkat hunian hotel di Pulau Dewata selama libur Nyepi meningkat sebanyak 5 persen atau naik menjadi 50 persen.

Biasanya di bulan Maret merupakan bulan yang sepi kunjungan, wisatawan mancanegara yang datang masih didominasi dari Australia, China, Amerika Serikat dan beberapa negara lain di kawasan Eropa.

“Selain dihuni wisatawan domestic dan mancanegara, penduduk local juga turut menambah tingkat hunian hotel. Jumlahnya sekitar 2 persen”, ungkap Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati selaku Ketua PHRI Bali.

Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra mengatakan kalau sebanyak 80 persen kamar di hotel berbintang tiga dan berbintang empat terisi saat libur Nyepi yang meningkat sebanyak 10 persen dari tahun sebelumnya.

Perayaan Nyepi perlu dikemas dengan lebih baik lagi, sehingga dapat dijadikan objek wisata religi yang menarik.

“Buka berarti dirayakan dengan hura-hura, namun pengunjung diajak untuk berpartisipasi dalam menjaga ketenangan suasanannya, menyaksikan ritual, agar menghayati makna Nyepi.

Leave a Reply