Penderita Penyakit Degeneratif Di Kota Tegal Mengalami Peningkatan

KoranKu-Tegal- Penyakit degeneratif atau tidak menular masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar didunia. Untuk di Kota Tegal, penderita yang disebabkan penyakit degeneratif pada tahun 2016 mengalami peningkatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Dr. Suharjo melalui Kabid P2P Yuli Prasetya, Senin (3/4/17).

Yuli mengatakan penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghancuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Faktor penyebabnya adalah usia, ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Penyebab penyakit degeneratif lainnya seperti kurang aktif secara fisik, malas berolahraga, dan pola makan yang tidak sehat dalam jangka panjang. Gejalanya termasuk kondisi tubuh yang memburuk, banyak kerusakan jaringan tubuh, stamina menurun dan sebagainya.

“penyakit degeneratif menjadi tantangan tersendiri untuk dicegah karena penyebab yang ditimbulkan oleh penyakit degeneratif sangatlah besar,” ungkap Yuli.

Lebih lanjut Yuli menjelaskan, penyakit tidak menular utama yang menjadi perhatian untuk diupayakan pencegahannya seperti Hipertensi, Diabetes Militus, Jantung, Paru Obstruksi Menahun, dan beberapa jenis kanker.”Karena penyakit utama tersebut meiliki dampak kematian tinggi, kesehatan tinggi, dan produktifitas kerja menurun,” ujarnya.

“Dari data Dinkes Kota Tegal pada tahun 2015 ke 2016 untuk penyakit hipertensi meningkat dari  10.684 menjadi 10.992, untuk penyakit jantung meningkat dari 815 menjadi 902 dan untuk penyakit diabetes masih diatas 7000”.

Menurut Yuli pemerintah sangat konsentrasi terhadap upaya promotif prefentifnya, karena hampir semua penyakit degeneratif bersumber dari faktor gaya hidup dan untuk pencegahan yang terbaik adalah dengan melakukan gerakan-gerakan atau aktifitas fisik, gizi seimbang dan memperluas cakupan deteksi dini.

Agar dapat mencapai hal tersebut, lanjut Yuli dapat dilakukan dengan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat. Karena masyarakat harus mendapatkan pendidikan kesehatan secara cukup dan benar tentang penyakit degeneratif dan cara-cara pencegahannya, sehingga dengan penyuluhan masyarakat terdorong untuk berperilaku bersih dan sehat.

Leave a Reply