Pemkot Tegal Dan OJK Akan Bantu Kembangkan Industri Logam

KoranKu-Tegal-Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno bersama Kepala Otoritas Jasa Keungan (OJK) Tegal Akhmad Yulius Eka Putra, Jumat (24/2/17) meninjau langsung industri logam Kota Tegal yang berada di kawasan Jalan Cempaka dan Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal.

 

Peninjaun dilakukan walikota dalam upayanya mengawali langkah Pemerintah Kota Tegal bersama OJK Tegal yang akan membantu mengembangkan industri logam di Kota Tegal dari industri rumahan menjadi industri berskala besar.

 

Rencananya bersama OJK Tegal, Walikota Tegal akan melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT. Toyota Astra Motor untuk membicarakan potensi industri logam di Kota Tegal.

 

“Ini adalah angin segar dari Pemkot Tegal dan OJK Tegal untuk membantu pengembangan industri logam di Kota Tegal, embrionya sudah ada tinggal pengembangan dengan cara meningkatkan potensi yang ada. Sehingga branding Kota Tegal sebagai Jepangnya Indonesia harus kita hidupkan kembali,” Ujar Walikota dihadapan para pelaku indutri logam Kota Tegal.

 

Dalam kesempatan itu walikota juga mengingatkan agar jika investor sudah masuk ke Kota Tegal, para pelaku industri juga harus siap dengan segala permintaan yang harus dipenuhi investor. “Jangan sampai, industri disini tidak sanggup atau kualahan dengan pesanan yang besar,”kata walikota.

 

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas harus disiapakan, harus ada pelatihan. SDM yang ada nantinya harus mampu dan siap dengan penggunaan mesin dan alat canggih lainnya.

 

Sebelum pertemuan dengan Dirut PT. Toyota Astra motor, walikota meminta para pelaku industri untuk membuat kajian terlebih dahulu sebagai materi yang akan disampaikan walikota dalam pembicaraan dengan dengan Dirut PT. Toyota Astra Motor.

 

“Apabila kajianya sudah ada maka jalannya pertemuan akan enak, karena investor akan melihat apakah ini akan menguntungkan atau tidak bagi mereka,”ungkap walikota.

 

Kepala OJK Kota Tegal Akhmad Yulius Eka Putra mengatakan peran OJK disini adalah mitra kerja Pemkot Tegal untuk ikut membangun sektor-sektor ekonomi dan industri di daerah.

 

Untuk itu, lanjut Eka kita juga harus mempunyai data yang valid agar nanti dalam pertemuannya dengan investor Pemkot Tegal dan OJK dapat menjelaskan secara jelas kondisi industri yang ada di Kota Tegal. Pihaknya akan membantu dengan menjembatani pertemuan antara Walikota Tegal dengan Kepala Astra Toyota yang akan dilakukan di Bali 9 Maret mendatang di Bali.

 

“Harapannya dari pertemuan tersebut dapat menghasilkan kesepakatan terkait pengembangan industri logam Kota Tegal. Sehingga Branding Kota Tegal sebagai Jepangnya Indonesia dapat hidup kembali,”pungkasnya.

 

 

Leave a Reply