Panda China Berganti Status Menjadi ‘Rentan’, Tidak Lagi Hampir Punah

Kerja keras konservasi di China selama puluhan tahun, akhirnya terbayarkan. Panda raksasa yang pada mulanya berstatus ‘Hampir Punah’ pada Minggu kemarin (04/09/2016) telah berubah menjadi ‘Rentan’.

KoranKu – China – Kerja keras konservasi di China selama puluhan tahun, akhirnya terbayarkan. Panda raksasa yang pada mulanya berstatus ‘Hampir Punah’ pada Minggu kemarin (04/09/2016) telah berubah menjadi ‘Rentan’.

Peningkatan jumlah Panda raksasa atau Ailuropoda Melanoleuca info terkini yang dikeluarkan oleh Persatuan Cagar Alam Internasional (IUCN).

Red List merupakan daftar terlengkap spesies tumbuhan dan hewan, IUCN memperkirakan jumlah populasi terkini dari Panda raksasa dewasa kurang lebih 1.864 ekor.

Walaupun jumlah persisnya belum tersedia, bila ditambahkan dengan anak panda diperkirakan jumlahnya mencapai 2.060 ekor.

Little Baby Panda Needed Help to Climb
Little Baby Panda Needed Help to Climb

“Hasil serangkaian survey berskala nasional menunjukkan penurunan populasi sebelumnya telah terhenti dan populasi mulai meningkat”, ungkap IUCN.

“Peningkatan status itu membuktikan usaha Pemerintah China dalam melestarikan spesies ini efektif”, lanjut IUCN.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintahan China untuk menyelamatkan ikon negara berwarna hitam dan putih ini, salah satunya dengan menanam hutan bambu yang merupakan makanan dan habitatnya.

Program ‘Penyewaan Panda’, China juga menyewakan hewan ini untuk ditangkarkan di kebun binatang luar negeri dan biaya sewa itu kemudian diinvestasikan kembali untuk konservasi.

Namun IUCn mengingatkan untuk tidak terlalu gembira, pasalnya dalam 80 tahun ke depan jumlah Panda diperkirakan berkurang 1/3 nya karena pemanasan global akibat penggunaan bahan bakar fosil.

“Populasi Panda bisa menurun, hal itu memutarbalikkan pencapaian yang dilakukan selama 20 tahun belakangan ini”, ungkap laporan penelitian IUCN.

IUCN mengucapkan China berencana untuk memperluas usaha konservasi Panda itu adalah tindakan yan positif dan harus didukung kuat sehingga memastikan implementasiny bercajaln efektif.

Leave a Reply