NASA Berhasil Foto Bintang Super Raksasa

Pertama kalinya dalam sejarah, Teleskop Hubble berhasil mengambil gambar bintang raksasa Westerlund 1-26 yang cukup jelas.

KoranKu – Amerika Serikat – Pertama kalinya dalam sejarah, Teleskop Hubble berhasil mengambil gambar bintang raksasa Westerlund 1-26 yang cukup jelas.

Westerlund 1-26 adalah bintang raksasa di galaksi Bima Sakti yang berukuran jauh lebih besar ketimbang Matahari.

Westerlund 1-26 ikut bagian dari gugus bintang Westerlund 1, Nasional Aeronautics Space Agency (NASA) memotret hampir keseluruhan gugus planet yang sangat terang.

“Gambar dari Hubble ini menguak gugus bintang raksasa yang masih muda  bernama Westerlund 1, hanya berjarak 15 ribu tahun cahaya di Bima Sakti. Namun rumah bagi bitnang-bintang terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah manusia”, ungkap NASA.

Asal nama Westerklund diambil dari seorang astronom Swedia Bengt Westerlund, ia pertama kali menemukan system ini pada 1961 di konstelasi Ara.

Dari penemuan itu, Westerlund masuk ke dalam kategori gugus bintang super raksasa. Jika dibanding dengan Matahari di system tata surya, diameter Westerlund 1-26 jauh lebih luas.

Menurut perkiraan, diameternya bisa melampaui orbit Jupiter jika ia berada di posisi Matahari. NASA menyebut ukurannya 1.500 kali dari Matahari.

Sebelumnya, Westerlund 1 berada di galaksi yang juga dihuni Bumi yaitu Bima Sakti, walaupun jaraknya dengan Bumi tidak cukup jauh yaitu 15 ribu tahun cahaya.

Walau angkanya terlihat banyak, dalam kalkulasi astronomi jarak itu tidak begitu jauh. Selain gugus bintang juga dihuni oleh tiga bintang raksasa lain yang hampir sama besarnya dengan Westerlund 1-26.

Lalu, maish ada 24 objek antariksa langka yang mampu bersinar jutaan kali lipat dari Matahari.

Leave a Reply