Jutaan Jamaah Haji Bergerak Menuju Padang Arafah Hari Ini

Pergeseran tempat akan segera di lakukan oleh para jamaah haji yang kini berada di Tanah Suci Makkah. Terdapat dua juta lebih jamaah hajidari seluruh penjuru dunia pada hari ini akan mulai berpindah tempat dari Makkah menuju ke Arafah untuk tunaikan wukuf yang merupakan puncak haji pada Minggu 11 September 2016 besok.

KoranKu – Makkah, Arab Saudi – Pergeseran  tempat akan segera di lakukan oleh para jamaah haji yang kini berada di Tanah Suci Makkah.

Terdapat dua juta lebih jamaah hajidari seluruh penjuru dunia pada hari ini akan mulai berpindah tempat dari Makkah menuju ke Arafah untuk tunaikan wukuf yang merupakan puncak haji pada Minggu 11 September 2016 besok.

Pihak pemerintahan Arab Saudi telah menurunkan sebanyak 26.000 aparatnya untuk menyukseskan proses wukuf yang akan dijalani oleh para jamaah haji.

Pemberangkatan sebanyak 155.200 jamaah haji regular Indonesia menuju ke Padang Arafah akan di laksanakan mulai pagi hari.

Jamaah Haji Berjalan Kaki Menuju Arafah
Jamaah Haji Berjalan Kaki Menuju Arafah

Para jamaah haji tersebut akan di boyong menggunakan bus – bus yang beroprasi secara bolak – balik, pemberangkatan akan di lakukan pada pagi hari ini , sebab lalu lintas di Kota Mekkah dalam hari – hari ini sudah sangat padat.

Kepadatan ini terjadi karena sudah lebih dari 2 juta jamaah haji dari penjuru dunia menjadi satu di Kota Suci untuk menunaikan ritual haji.

Walaupun mayoritas para jamaah haji akan di angkut menggunakan bus ketika menuju ke Arafah , namun ribuan para jamaah haji ada pula yang berjalan kaki melewati kawasan Syisha, Azizah, dan Mina untuk dapat sampai ke Arafah.

Karena banyaknya yang mau jalan kaki menuju ke Arafah , sehingga para aparat ke amanan yang sudah di kerahkan menutup akses jalan dan melarang semua kendaraan masuk ke ajalan, demi kelancaran para jamaah haji berjalan kaki menuju Arafah.

Untuk memboyong ratusan jamaah Haji Indonesia ke Arafah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah menurunkan ratusan petugas di lapangan.

Mereka semua membantu dalam proses pemberangkatan hingga sampai ke Padang Arafah, setiap kloter jamaah haji akan di dampingi oleh petugas kloter.

Diterik panasnya cuaca ketika prosesi puncak haji , PPIH meminta kepada para jamaah haji Indonesia untuk tetap menjada kebugaran badannya.

PPIH juga menghimbau bagi para jamaah haji Indonesia , demi kesuksesan menuju ke Padang Arafah para jemaah haji di harapkan untuk tertib dan menaati jadwal yang sudah di sepakati.

Bukan hanya itu para jamaah haji juga di himbau untuk tetap brada di regu bersama para rombongannya.

Sebelum hari H menjelang pemberangkatan, Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama kemarin kembali memeriksa kesiapan petugas PPIH Arab Saudi.

Menteri Agama meminta petugas agar memastikan pada hari ini seluruh tenda dan karpet dimaktab harus sudah terpasang.

Leave a Reply