Jemaah Indonesia Bertambah 95 Orang, 34 Lainnya Hilang

KoranKu.co.id – Makkah, Tragedi Mina sudah membuat duka mendalam bagi keluarga jemaah haji asal Indonesia. Bisa dibilang dalam insiden ini, jemaah Indonesia-lah yang paling banyak menjadi korban. Bahkan beberapa diantaranya sampai sekarang dinyatakan masih hilang entah tidak tahu dimana.
Total jemaah haji yang wafat di tragedi Mina berjumlah 204 orang kini bertambah 4 orang lagi. Dengan demikian berarti, jumlah korban yang wafat sekitar 204 orang lebih dimana 95 orang dari jemaah Indonesia.
Angka tersebut tentunya sangatlah miris, karena jemaah Indonesia menjadi korban terbanyak dari pada di negara-negara lain. Berikut ini identitas haji Indonesia yang telah berhasil diidentifikasi seperti yang telah dibacakan oleh Kepala Kantor Urusan Haji, Daker Makkah Arsyad Hidayat, ketika jumpa pers di kantornya Sabtu (3/10/15):
1. Halijah Abu Hanifah dari kloter BTH 14
2. Muhammad Huardi Sukri dari kloter BTH 14
3. Alipudin Sawirja Kaco dari kloter JKS 61
4. Asep Ukanda Yaya Sonjaya dari kloter JKS 61
Sedangkan untuk jemaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi tidak mengalami perubahan, masih sebanyak 6 orang. Sementara itu, jemaah yang belum kembali ke kloternya jumlahnya telah turun dari 38 sekarang menjadi 34 orang. Bisa dibilang, ke-34 orang ini kemungkinan besar hilang.
Berikut ini rincian jemaah yang telah kembali ke kloternya masing-masing:
1. Kloter BTH 14 sebanyak 3 jemaah
2. Kloter JKS 61 sebanyak 20 jemaah
3. Kloter SOC 62 sebanyak 2 jemaah
4. Kloter SUB 28 sebanyak 2 jemaah
5. Kloter SUB 36 sebanyak 2 jemaah
6. Kloter SUB 48 sebanyak 2 jemaah
7. Kloter SUB 61 sebanyak 1 jemaah
8. Kloter UPG 10 sebanyak 1 orang
9. Kloter BTH 15 sebanyak 1 orang
Data diatas diambil dari data yang diterbitkan oleh pemerintah Arab Saudi ketika menghadiri jumpa pers pada Sabtu kemarin. Mereka akan terus berusaha untuk mencari korban-korban lain di Mina sampai tuntas.