Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Ikuti Upacara Melasti

KoranKu-Tegal-Upacara melasti atau mekiyis, yakni upacara penyucian diri  sebelum hari raya Nyepi dilakukan Umat Hindu Kota dan Kabupaten Tegal di pesisir laut  Pantai Alam Indah Tegal, Minggu (26/3/17).

 

 

Upacara diawali dengan Matur Piuning atau minta ijin yang dipimpin pemangku dan diikuti ratusan umat di Pura Segara Suci jalan Batam Tegal. Tujuanya untuk membersihkan dari segala perbuatan buruk dimasa lalu dan membuangnya dilaut, selain menyucikan benda milik pura.

 

 

Ketua Parisada Hindu Dharma Kota Tegal I Gusti Nyoman Sudjana menyampaikan, hari raya Nyepi bagi umat Hindu akan dirayakan dengan pesan kerohanian guna meningkatkan carada dan baktinya terhadap Ida Sang Yang Widhi Wasa serta pengabdian diri yang penuh dengan cobaan.

 

 

“Sesuai dengan tema kali ini, Kita jadikan Catur Brata Penyepian untuk memperkuat toleransi kebhinekaan berbangsa dan bernegara demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap I Gusti Nyoman Sudjana.

 

 

Sementara Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa melalui Kapolsek Tegal Timur Kompol HM Syahri mengungkapkan, pihaknya siap mengamankan lokasi maupun sejumlah ruas jalan yang menjadi rute dalam melaksanakan ritual melasti atau penyucian benda sakral ke pantai.

 

 

Polres Tegal Kota sendiri mengerahkan sebanyak 185 personel yang akan bertugas melakukan pengamanan selama rangkaian kegiatan hari raya Nyepi tahun baru saka 1939/ 2017 Masehi  yang akan jatuh pada hari Selasa (28/3/17) mendatang.

 

 

“Selain pura Segara Wana, pantai yang menjadi lokasi upacara melasti juga tidak luput dari pengamanan polisi. Kita kerahkan personel untuk mengawal rute perjalanan dan mengamankan selama kegiatan berlangsung,” pungkas Kapolsek.

Leave a Reply