Israel Beri Persetujuan Ekspor Ganja Medis

Pemerintah Israel baru saja memberi persetujuan akan kemungkinan ekspor ganja medis, Minggu (05/02/2017). Meskipun begitu kesepakatan tersebut belum akan terlaksana dalam waktu dekat, pasalnya pengesahan undang-undang ekspor bisa memakan waktu berbulan-bulan di parlemen.

KoranKu – Israel – Pemerintah Israel baru saja memberi persetujuan akan kemungkinan ekspor ganja medis, Minggu (05/02/2017). Meskipun begitu kesepakatan tersebut belum akan terlaksana dalam waktu dekat, pasalnya pengesahan undang-undang ekspor bisa memakan waktu berbulan-bulan di parlemen.

Sudah 28 negara bagian di Amerika Serikat telah mengesahkan penggunaan ganja medis, sejak 2012 lalu, diantaranya Colorado, Alaska, California, Maine, Massachusetts, Nevada, Oregon dan Washington DC.

Secara global, pasar penggunaan ganja medis dan rekreasional itu diperkirakan bisa mencapai angka US$50 miliar atau setara Rp665,75 triliun pada dekade mendatang.

Sedangkan di Israel dikenal sebagai negara terdepan dalam riset dan pengembangan ganja medis, kendatipun pasar di negara mereka terbilang kecil.

Kemetrian Kesehatan Israel menyebut hanya terdapat 23 ribu pengguna ganja medis yang sudah terdaftar.

Seluruhnya mendapatkan dosis marijuana mereka melalui Sembilan pemasok resmi, adapun angka sekitar US$15 juta atau Rp199,73 miliar.

CEO iCAN, Saul Kaye, lembaga riset privat di Israel menyebut setidaknya terdapat 50 perusahaan yang memproduksi ganja medis di negaranya, mulai dari penanaman hingga produk jadi seperti inhaler.

Petani ganja bekerjasama dengan lembaga riset untuk melakukan penelitian dan eksperimen guna mendapatkan varian ganja medis, yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan.

Kaye memperkirakan investasi internasional di perusahaan Israel tersebut, mencapai US$100 juta sepanjang 2016.

Dengan adanya persetujuan pemerintah membuka kemungkinan ekspor, Kaye menyebut hal itu akan menjadi durian runtuh bagi seluruh perusahan ganja medis di Israel.

Terlebih, bulan lalu, pemerintah Israel mencabut larangan penggunaan ganja dalam skala kecil dan mereka juga mendukung adanya riset ganja bagi kesehatan.

“Pemerintah mendukung penggunaan ganja medis juga pengembangan riset ganja untuk kepentingan di bidang kesehatan”, tutur Menteri Kesehatan Israel Yakov Litzman.

Leave a Reply