Gunung Aso di Jepang Muntahkan Debu Vulkanik

Gunung berapi di pulau bagian selatan Jepang, Kyushu, meletus pada Sabtu dini hari (08/10/2016). Dari laporan badan meteorology Jepang, Gunung Aso meletus sekitar pukul 01.46 dini hari waktu setempat.

KoranKu – Jepang – Gunung berapi di pulau bagian selatan Jepang, Kyushu, meletus pada Sabtu dini hari (08/10/2016). Dari laporan badan meteorology Jepang, Gunung Aso meletus sekitar pukul 01.46 dini hari waktu setempat.

Gunung Aso memuntahkan debu vulkanik setinggi 11 kilometer ke angkasa, pihak kepolisian dan pemerintah kota mengatakan tidak ada laporan korban jiwa dari letusan gunung setinggi 1.592 meter itu.

Diketahui Gunung Aso terletak di kawasan pendakian Kumamoto Prefecture yang sangat popular dan dipenuhi oleh wisatawan.

Meski tidak ada rumah-rumah warga di sekitar Gunung Aso, namun sejumlah gedung dan mobil disana terkena hujan debu vulkanik.

Sementara jendela di pusat masyarakat kota Aso dilaporkan pecah karena kena batu-batu vulkanik yang ukurannya menyerupai bola golf.

Kota setempat telah merancang pusat evakuasi sebagai pencegahan, sebagian warga disana juga membersihkan debu vulkanik yang mengotori lingkungan.

Tenaga listirk di sekitar 29 ribu rumah sempat mati setelah letusan terjadi, juru bicara pusat tenaga listrik di Kyushu Electric, masalah itu bisa segera diatasi dalam kurun 2 jam.

Media local sempat mewartakan, debu vulkanik Aso juga merambah sampai ke wilayah Jepang bagian barat.

Sebelumnya wilayah setempat telah mengalami beberapa kali gempa bumi pada April lalu, Gunung Aso memang dilaporkan tidak stabil dan bisa sewaktu-waktu meletus lagi.

Pada September 2015 Gunung Aso sempat meletus dan mengeluarkan asap vulkanik setinggi 1,9 meter ke langit.

Leave a Reply