Ewing’s Sarcoma, Penyakit Si Cantik Loly di Instagram

Jejaring sosial Instagram tengah heboh oleh postingan Loly, gadis cantik pemilik akun @lolytagstna. Loly bercerita tentang Sarkoma Ewing, sejenis kanker tulang langka yang menggerogoti kakinya.

KoranKu – Indonesia – Jejaring sosial Instagram tengah heboh oleh postingan Loly, gadis cantik pemilik akun @lolytagstna. Loly bercerita tentang Sarkoma Ewing, sejenis  kanker tulang langka yang menggerogoti kakinya.

Dalam salah satu postingannya, Loly memajang kakinya yang sudah diamputasi. Juga cerita sejak muncul benjolan di kakinya, hingga akhirnya kanker di tulang kakinya itu menyebar ke paru-paru.

Ia terserang kanker langka yang disebut Sarkoma Ewing atau Ewing’s Sarcoma, merupakan jenis kanker langka yang tumbuh di tulang maupun jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang  rawan dan saraf.

Jenis kanker ini biasanya menyerang kelompok usia 10-20 tahun dan ditemukan pada 200 anak di Amerika Serikat setiap tahunnya.

Sebanyak 87% Sarcoma Ewing menyerang tulang, biasanya di tulang paha, panggul, iga, maupun tulang bahu, walau tidak menutup kemungkinan muncul pula di tulang manapun.

Sarkoma Ewing yang menyerang saraf disebut peripheral Primitive Neuroectodermal Tumor (pPNET). Penyebab sarkoma Ewing belum diketahui pasti, dan sejauh ini tidak diturunkan dalam keluarga.

Jenis kanker ini juga tidak terkait dengan paparan radiasi, zat kimia dan factor lingkungan, namun diyakini berhubungan dengan perubahan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) setelah lahir.

Gejala yang sering ditemukan pada jenis kanker ini adalah nyeri dan bengkak, sertal kekakuan di area yang ditumbuhi tumor.

Keluhan-keluhan ini muncul selama beberapa pekan, bahkan berbulan-bulan. Pada anak-anak, sering disangka cedera saat olahraga.

Seperti yang dialami Loly, amputasi kerap menjadi pilihan untuk mencegah sel-sel kanker menyebar ke tempat lain. Pilihan terapi lainnya adalah dengan kemoterapi atau bisa pula dengan terapi radiasi.

Leave a Reply