Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tegal Adakan Sosialisasi POS US

Koranku-Tegal- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah atau Madrasah SD/MI se-Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017, Senin (3/4/17) di Gedung Eks Samsat Kota Tegal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Johardi melalui Kabid Disdik M. Mashar menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 009/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar luar Biasa dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2016/2017, Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua mata pelajaran dan muatan lokal.

Menurut Mashar, Prosedur Operasional Standar (POS) merupakan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun 2016/2017, dimana materi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan Ujian telah dibuatkan kisi-kisi sebagai patokan dalam pembelajaran.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk Ujian Sekolah ini hanya berlaku untuk jenjang Sekolah Dasar, karena untuk jenjang SMP/SMA tetap menggunakan Ujian Nasional seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengaturan atau ketetapan Ujian Sekolah ini diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan masing-masing daerah,” ujar Mashar.

Dengan adanya Try Out, lanjut Mashar diharapkan agar bisa mengetahui sejauh mana anak didik kita dalam menyerap berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan di Sekolah.

Adapun untuk jadwal pelaksanaan US SD/MI pada tanggal 15 Mei 2017 sampai dengan 17 Mei 2017 mendatang dengan tiga mata pelajaran yang diujikan yaitu bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Leave a Reply