Danlanal Tegal Resmikan Tim Eastern Fleet Quick Response

KoranKu-Tegal-Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal, Lantamal V Letkol Mar S.B. Manurung meresmikan Team Eastern Fleet Quick Response (EFQR) bertempat di lapangan apel Mako Lanal Tegal Jl. Proklamasi No.1 Kota Tegal. Rabu (7/12/16).
Danlanal mengatakan tujuan pembentukan tim tersebut adalah karena banyaknya kendala di laut baik internal maupun eksternal, seperti Pembajakan, penyelundupan narkoba dan keinginan Negara luar untuk menguasai negara kita.
Selain itu lanjut Danlanal,  pembentukan tim EFQR bukan semata-mata karena perintah atasan akan tetapi karena merupakan suatu kebutuhan dan situasi. Tim EFQR Lanal Tegal secara resmi sudah terbentuk, tim ada dan harus bermakna serta mampu menjawab. “Siabidibame”(Siapa, Bilamana, Dimana, Bagaimana serta Mengapa),”jelas Danlanal.
Lebih lanjut Danlanal mengatakan, tim ini dibentuk dan dipimpin langsung oleh Danlanal Tegal sedangkan untuk Pelaksanaan hariannya yaitu dijabat oleh Perwira Staf Operasi Lanal Tegal, untuk Komandan tim pelaksana  reaksinya ada Peltu SBA Lucky Setiabudi dibawahnya ada 6 personil, itu berarti secara penuhnya hanya berjumlah 9 personel. “Kalau lebih dari tim sudah tentu beda lagi namanya, sudah menjadi Detasemen. Tim adalah unit terkecil di satuan tugas,”terangnya.
Tim imbuh Danlanal dilatih memiliki beberapa kemampuan khusus, meliputi operasi pencegahan Maritim, Pengejaran, Penangkapan, dan Penyelidikan sesuai prosedur tetap keamanan laut, operasi SAR, dan navigasi serta komunikasi teknis.

Leave a Reply