Cegah Tuberkulosis Dengan Pola Hidup Sehat

KoranKu-Tegal-Sebanyak 35 orang tenaga medis, Kamis (23/3/17) mengikuti On The Job Training (OJT)Tata Laksana TB Anak yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tegal dengan tujuan untuk melakukan Desiminasi Tata laksana TB Anak baru di Kota Tegal, di gedung BP4 Kota Tegal.

 

 

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycrobacterium Tuberculosis)yang sebagian besar menyerang paru-paru.

 

 

Divisi Respirologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Karyadi Dr. MS. Anam. Spa menyampaikan bahwa gejala TB berupa batuk lebih dari dua minggu, demam lebih dari dua minggu, berat badan tidak naik walaupun mengkonsumsi makanan bergizi, serta lesu dan tidak aktif.

 

 

Menurut dokter Anam bahwa bahaya TB bisa menular ke otak, tulang belakang, ginjal, mata, dan paling bahaya adalah TB kebal obat TB yang tidak bisa sembuh walaupun sudah diobati dengan apa saja.

 

 

“Untuk pencegahan TB kita bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok sembarangan, etika batuk harus ditutup,” ujar dokter Anam.

 

 

Lebih lanjut, dokter Anam menyampaikan bahwa TB merupakan jenis penyakit yang bisa disembuhkan, apabila rutin mengonsumsi obat selama enam bulan sesuai dengan dosis.

 

 

Di Kota Tegal sendiri pada tahun 2015 kasus TB anak yang dilaporkan oleh fasyankes ada 33, sedangkan di tahun 2016 ditemukan 14 kasus. Itu berarti kasus TB anak di tahun 2016 mengalami penurunan. Sedangkan pada tahun 2017 belum diketahui jumlahnya.

 

 

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Suharjo melalui Kabid P2P Yuli Prasetya menyampaikan, pertemuan OJT Tatalaksana TB Anak bertujuan untuk melakukan desiminasi dan informasi, serta menjelaskan manajemen dan Tatalaksana TB Anak, yang akan menjadi acuan pelaksanaan pencegahan TB Anak di fasilitas kesehatan.

 

 

“Dengan demikian, diharapkan seluruh fasilitas kesehatan, dapat melakukan diagnosis TB anak sesuai dengan satandart Tatalaksana TB Anak yang terbaru,”pungkasnya.

Leave a Reply