Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan Kunjungi “Kampung Warteg” Cabawan Kota Tegal

KoranKu-Tegal-Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Rabu (29/3/17) mengunjungi sebuah “kampung” Warteg di Kelurahan Cabawan Kecamatan Margadana Kota Tegal.

 

 

Pada kesempatan tersebut, Anies
juga bertamu ke rumah salah seorang pengusaha warteg sukses di Ibu Kota. Kepada pengusaha warteg tersebut, Anies bertanya tentang asal-mula warteg di Ibu Kota.

 

 

Haji Wakio kemudian berkisah, warga di kampungnya mulai membuka usaha warteg di Ibu Kota pada 1970-an. Wakio sendiri memulai usahanya pada 1979.

 

 

“Usaha warteg saya pertama di daerah Sumur Batu. Waktu itu saya mulainya masih umur 22 tahun,” cerita Wakio kepada Anies.

 

 

Wakio kini telah memiliki 4 usaha warteg di 4 wilayah di Jakarta. Seperti Wakio, warga lain di perkampungan warteg tersebut juga sukses membangun usaha warteg di Ibu Kota. Hal tersebut terlihat salah satunya dari rumah para pedagang yang dibangun megah di kampung tersebut.

 

 

“Ini unik, rumahnya besar-besar tapi orangnya nggak ada. Nggak tinggal di sini, karena sebagian usaha warteg di Jakarta, dan sebagian besar dari mereka ber-KTP Jakarta, ” kata Anies saat meninjau rumah beberapa warga pengusaha warteg.

 

 

Anies usai bertamu dan menyapa warga mengatakan pengusaha warteg di Jakarta memiliki jasa yang besar. Karena warga yang tinggal di balik gedung-gedung besar banyak membeli makan ke warteg.

 

 

“Orang lain datang ke Jakarta mencari makan, namun orang Tegal ke Jakarta memberi makan,” ungkap Anies.

 

 

Menurut Anies, ada 28 ribu lebih pengusaha warteg. “Jadi saya datang kesini untuk bersilaturahmi. kami sampaikan pada mereka, bahwa kami justru akan berpihak dan membantu usaha yang mikro kecil seperti mereka,”ujarnya.

 

 

“Kami akan bantu dari segi permodalan, sistem kepastian kerja, usaha termasuk tentang asupan kebutuhan bahan baku yang harganya terjangkau,”pungkasnya.

Leave a Reply