Belanda Melarang Kartun ‘Junk Food’

Gambar lucu dan menarik dari berbagai karakter animasi anak-anak di kemasan makanan cepat saji kini akan menjadi kenangan di Belanda. Pemerintah setempat melarang penggunaan karakter animasi anak-anak di kemasan makanan cepat saji atau Junk Food.

KoranKu – Belanda – Gambar lucu dan menarik dari berbagai karakter animasi anak-anak di kemasan makanan cepat saji kini akan menjadi kenangan di Belanda.

Pemerintah setempat melarang penggunaan karakter animasi anak-anak di kemasan makanan cepat saji atau Junk Food.

Berbagai karakter animasi anak seperti Dora The Explorer akan dilarang ditempatkan dalam bungkus ataupun iklan makanan siap saji.

Hal ini dilakukan demi mencegah kebiasaan makan makanan cepat saji yang dianggap tidak sehat. Keputusan itu dibuat setelah perdebatan public terkait dampak iklan yang menargetkan anak-anak.

Federasi Industri Makanan Beladan atau FNLI mengatakan, obesitas menjadi sebuah masalah yang membuat industri sangat prihatin.

Pergerakan ini termasuk yang pertama terjadi di Eropa, pelarangan ini menargetkan beberapa karakter anak-anak seperti Dora The Explorer dan Miffy The Bunny yang popular berada di kemasan makanan cepat saji.

FNLI juga mengaku bahwa peraturan ini dibuat untuk mengekang penggunaan media berlisensi seperti karakter anak-anak pada produk cepat saji yang biasanya mengincar anak usia 13 tahun ke bawah.

Selain menggunakan  karakter kartun yang menarik perhatian anak, di dalama supermarket produk itu juga biasa ditempatkan di rak yang sejajar dengan pandangan mata anak.

Tujuanya suah pasti agar anak-anak merengek untuk membeli makanan itu, padahal pada umum nya makanan tersebut diklaim tidak sehat karena mengandung lebih banyak garam, gula, atau lemak.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Belanda Leonne Gartz mengatakan bahwa perubahan ini hanya akan menyasar pada karakter animasi anak komersial, bukan logo atau karakter buatan produsen makanan yang kerap mirip dengan tokoh animasi.

“hal ini tidak mempengaruhi karakter spesifik tertentu dari produk tertentu”, tutur Gartz.

FNLI berharap uji coba akan dapat dilakukan selama 2017 dan memastikan rencana tersebut tidak menyebabkan persaingan tidak sehat di pasar.

“Sangat penting bagi saya bahwa anak-anak dan orang tua mereka terhindar dari bombardir iklan yang menggoda terhadap makanan tidak sehat”, ungkap Wakil Menteri Kesehatan Belanda, Martin Van Rijn.

Selain di Belanda, Inggris juga sudah menerapkan adanya larangan iklan dengan menggunakan karakter kartun seperti Ronald McDonald dan Tony Tiger.

Leave a Reply