Asal Usul Makanan Nachos

Keripik Tortilla yang krispi dan asin, saus keju panas yang meleleh dan jalapeno yang pedas menyatu sebagai cita rasa khas dari makanan Nachos. Namun tidak banyak yang tahu menahu dari mana makanan ringan yang gurih ini berasal.

KoranKu – Meksiko –  Keripik Tortilla yang krispi dan asin, saus keju panas yang meleleh dan jalapeno yang pedas menyatu sebagai cita rasa khas dari makanan Nachos. Namun tidak banyak yang tahu menahu dari mana makanan ringan yang gurih ini berasal.

Josh Chetwynd mengungkapnya lewat buku yang ia tulis berjudul How The Dog Found Its Bun, menurutnya, Nachos merupakan makanan yang berasal dari sebuah ketidaksengajaan di perbatasan Texas dan Meksiko pada awal 1940-an.

Sekelompok istri dari tentara Angkatan Udara AS yang berdiam di perbatasan Texas-Meksiko kerap bertandang ke Meksiko dan berbelanja untuk bersenang-senang.

Piedras Negras, kota yang terletak di seberang Rio Grande River, merupakan tempat di mana mereka dapat menyusuri budaya orang Meksiko.

Suatu hari, sekelompok istri tentara ini berniat untuk makan di restoran bernama Victory Club di Piedras Negras.

Kepala Pramusaji, Ignacio ‘Nacho’ Anaya menyadari bahwa saat itu tidak ada koki yang berada di dapur dan tidak ada selain dirinya yang bisa menjadi koki.

Sedangkan menurut Oxford Companion of Food and Drink, Nacho melihat sekitar dapur apa saja yang tersedia.

Dengan memanfaatkan yang ada, ia lalu mengkombinasikan keju dan jalapenos di atas tumpukan tortilla lalu menyajikannya pada mereka,

Menu ini seketika populer sebagai makanan Tex-Mex pada era 1960-an.

Makanan Nachos patut berterima kasih pada seorang pria bernama Frank Liberto yang menemukan cara untuk membuat keju buatan yang lebih mudah saat menyajikan nachos, khususnya di acara luar ruangan yang besar. Jenis keju nachos ini tidak perlu dipanaskan saat disajikan.

Leave a Reply