Apple Menanti Huni Kampus ‘Pesawat Antariksa’

Bukan iPhone, laptop MacBook, ataupun desktop iMac yang akan diungkap Apple pada April nanti, adalah kampus raksasa yang memiliki desain futuristic milik Apple yang diberi nama Apple Park.

KoranKu – Amerika Serikat – Bukan iPhone, laptop MacBook, ataupun desktop iMac yang akan diungkap Apple pada April nanti, adalah kampus raksasa yang memiliki desain futuristic milik Apple yang diberi nama Apple Park.

Apple Park adlaah markas Apple terbaru, berdiri di atas lahan 708 ribu meter persegi, kampus Apple berdesain lingkaran penuh serupa pesawat antariksa dengan ruang terbuka di tengahnya.

Peresmian Apple Park pada April nanti hampir bertepatan dengan kematian pendiri dan mantan CEO Steve Jobs enam tahun lalu.

Konsep pesawat antariksa di bangunan itu merupakan ide dari mendiang Setve Jobs yang meninggal 2011 lalu.

“Visi Jobs untuk Apple jauh melebihi waktunya bersama kami, ia ingin Apple Park jadi rumahnya inovasi untuk generasi-generasi mendatang”, ungkap CEO Tim Cook.

Steve Jobs Theater
Steve Jobs Theater

Hampir seluruh banguanan di kompleks Apple Park menggunakan  kaca, terdapat pula sebuah auditorium bernama Steve Jobs Theater yang digunakan untuk pertemuan besar dan fasilitas kebugaran karyawan.

Untuk menyokong kampus, Apple memakai 100 persen energy terbarukan. Panel surya yang menutupi seluruh atap gedung memungkinkan hal itu terjadi.

Kampus ini awalnya direncanakan selesai pada 2015, namun akibat sejumlah kendala, penyelesaian harus molor hingga tahun ini.

Biaya yang mereka keluarkan juga membengkak, untuk membangun Apple Park, Apple harus merogoh US$5 miliar  naik US$2 miliar dari ekspetasi awal.

Namun biaya sebesar itu hanya sebagian porsi kecil dari pendapatan Apple yang mencapai US$250 miliar.

Selain sebagai markas kerja baru, Apple berniat membuka Apple Park ke public dengan fasilitas yang menarik turis.

“Saya sungguh berfikir ini akan menjelma menjadi daya tarik dunia”, ungkap Luca Maestri selaku CFO Apple.

Leave a Reply