Alasan Terbangun Selalu Saat Mimpi Indah

Pernahkah anda mengalami waktu saat asyik-asyiknya bermimpi indah, tiba-tiba mendadak terbangun. Saat mimpi tengah menyenangkan tiba-tiba anda terjaga tepat sebelum bagian mimpi terindah dan terbaik muncul.

KoranKu – Indonesia – Pernahkah anda mengalami waktu saat asyik-asyiknya bermimpi indah, tiba-tiba mendadak terbangun. Saat mimpi tengah menyenangkan tiba-tiba anda terjaga tepat sebelum bagian mimpi terindah dan terbaik muncul.

Pada kondisi ini jauh berbeda dengan saat mimpi buruk muncul,  saat mimpi buruk bagian terseram dan terbaik dari mimpi buruk muncul dan membangunkan anda.

Kenapa hal itu bisa terjadi ?.

Mimpi indah semacam itu disebut sebagai mimpi jernih. Dalam mimpi jernih anda termasuk sadar dengan apa yang dialaim saat tidur, itulah sebabnya anda bisa mengingat mimpi anda.

Saat mimpi jernih, pemimpi bisa mengontrol apa yang akan terjadi, termasuk karakter lain dan juga lingkungan mimpi mereka.

Bila demikian, mengapa anda selalu terbangun ketika mimpi indah belum mencapai klimak mimpi anda dan akhir cerita mimpi indah anda ?

Ada beberapa alasan di dalamnya, Pertama, anda bermimpi ketika anda tidur, sehingga bangun ketika mimpi indah, itu adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Ini bisa disebabkan karena beberapa alasan klasik seperti misalnya harus bangun untuk sekolah, kerja, kegiatan, janji dan lainnya.

Kedua, seperti yang ditunjukkan oleh pengguna Quoram Ross calvin, hal itu juga bisa terjadi karena adanya gangguan dalam siklus tidur anda.

Disaat tidur ada proses yang dikenal dengan REM (Rapid Eye Movement) dan NREM (Non-Rapid Eye Movement).

Karena hal itulah anda bisa bangun tepat sebelum mimpi indah anda mencapai klimaks ataupun akhir cerita mimpi indah anda.

Hanya saja anggapan belum mencapai klimaks mimpi itu bisa terjadi juga karena anda tak dapat mengingat klimaksnya.

Tahap akhir REM biasanya terjadi tepat sesaat sebelum anda terjaga, biasanya waktu terjadinya paling lama.

Ini adalah momen di mana anda bisa bermimpi, inilah sebabnya mengapa beberapa mimpi bisa jadi jauh lebih hidup dibanding mimpi yang lain.

“Mimpi bisa terjadi selama seluruh siklus REM, tapi ada juga bukti bahwa mimpi bisa terjadi di fase NREM” ungkap Ross Calvin.

Sementara anda masih bermimpi dalam siklus NREM, pikiran dan tubuh jadi lebih santai.

Tetapi di saat itu Anda biasanya tak punya memori sehingga Anda tak akan mengingat mimpinya. Pada intinya, Anda pasti akan terbangun saat sedang bermimpi baik mimpi indah atau buruk.

Namun, Anda hanya akan ingat bagian mimpi dalam fase REM, sehingga klimaks mimpi indah yang terjadi dalam fase NREM tak akan ‘tercatat’ dalam ingatan Anda.

Leave a Reply