Akibat Dipenuhi Eceng Gondok, Danau Limboto Krisis

Winarni Monoarfa Sekretaris Daerah Provinsi Gorontal Winarni mengatakan Danau Limboto saat ini masuk dalam 15 kawasan danau kritis Nasional, hal ini terjadi karena degredasi terjadi setiap tahun.

KoranKu – Indonesia – Winarni Monoarfa Sekretaris Daerah Provinsi Gorontal Winarni mengatakan Danau Limboto saat ini masuk dalam 15 kawasan danau kritis Nasional, hal ini terjadi karena degredasi terjadi setiap tahun.

“Kami merasa perlu melibatkan pemerintah pusat dalam upaya penyelamatan danau Limboto, karena jika berharap anggaran melalui program pemerintah daerah, tidaklah cukup”, tutur Winarni.

Winarni menambahkan, masyarakat Gorontalo bisa mendapat kerugian besar jika Danau Limboto rusak, karena fungsi eksologis yang tidak tergantikan.

Salah satu permasalahan yang dihadapi Danau Limboto adalah pertumbuhan eceng gondok yang tidak bisa terbendung.

Banyaknya eceng gondok yang memenuhi permukaan perairan bisa membuat danau menjadi dangkal dikarenakan pemanasan dipermukaan.

Eceng Gondok bisa meningkatkan penguapan air dan menurunkan jumlah cahaya dalam perairan yang menyebabkan rendahnya kadar kelarutan oksigen.

Akibatnya, kelangsungan hidup mahluk air menjadi terganggu karena kekurangan oksigen.Lalu, ledakan populasu eceng gondok juga bisa menganggu transportasi air.

“Untuk pembersihan enceng gondok ini, ketersediaan alat dari pemerintah sangat terbatas, sementara enceng gondok tumbuhnya begitu cepat. Jadi diharapkan kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan dukungan semua pihak”,tutur Winarti.

Untuk saat ini pemerintah daerah Gorontalo mengajak masyarakat berpartisipasi membersihkan eceng gondok di Danau Limboto.

Danau Limboto harus masuk dalam kawasan strategis nasional. “Kalau sudah masuk kawasan strategis nasional, maka program dari beberapa kementrian dan lembaga akan terintegrasi. Jadi, positive bisa terselamatkan”, tutur Winarni.

Beliau juga menambahkan, dampak ekonomi Danau Limboto sangat besar, apalagi jika dimanfaatkan menjadi kawasan pariwisata.

“Bila Danau Limboto bersih dan terjaga maka dampak ekonominya sangat besar dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat menjadi kawasan pariwisata”, lanjutnya.

Leave a Reply