Ada Science Competition SMA N 1 Tegal Pada 24 April 2017

KoranKu-Tegal-SMA Negeri 1 Tegal, Senin (24/4/17) akan mengadakan Event Science Competition untuk SMP/MTs/Sederajat Se-Kota Tegal dan sekitarnya (Brebes, Slawi dan Pemalang) yang bertempat di SMA N 1 Tegal.

Event yang diadakan kali ini jauh lebih seru dan berbeda dengan event tahun 2014 lalu. Dengan mengubah nama menjadi Mafio Competition “Escalate Your Brain with Science in Your Hand” serta ada penambahan mata pelajaran yaitu Biologi, sedangkan di tahun 2014 hanya ada mata pelajaran Matematika dan Fisika.

Untuk syarat dan ketentuan peserta, siswa SMP/MTs/ Sederajat se Kota Tegal dan sekitarnya (Brebes, Slawi dan Pemalang) kelas 7, 8 dan 9. Peserta lomba berupa kelompok, satu kelompok terdiri dari 3 siswa dari sekolah yang sama. Setiap sekolah diperbolehkan mengirim peserta lebih dari 1 kelompok.

Pada saat perlombaan, peserta menggunakan seragam OSIS SMP dan membawa alat tulis dan tidak diperkenankan membawa kalkulator atau alat bantu hitung lainnya pada saat berlangsungnya perlombaan.

Adapun untuk petunjuk registrasi, peserta datang ke SMA N 1 Tegal pada tanggal 1-20 April 2017 untuk melakukan pendaftaran dengan membawa uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- per kelompok atau melakukan pendaftaran online di www.smansakumedia.com.

Petunjuk Teknis Lomba meliputi Babak Penyisihan, dimana seluruh peserta (berkelompok) mengerjakan soal pilihan ganda mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Biologi (soal mencakup 3 mata pelajaran sekaligus).

Setiap mata pelajaran terdiri dari 15 soal dengan waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal adalah 60menit (1 jam). untuk hasil/nilai akhir tiap kelompok akan diperoleh dari akumulasi nilai setiap individunya.Kelompok yang menempati urutan ranking 1–15 berhak masuk babak Semifinal.

Di babak Semifinal, setiap kelompok mengerjakan soal essay dan setiap mata pelajaran terdiri dari 10 soal dengan waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal adalah 60menit (1 jam). Untuk kelompok yang menempati urutan ranking 1 – 5 berhak masuk babak Final.

Pada babak final ini menggunakan sistem LCC, soal wajib, Setiap kelompok menjawab sebanyak 10 soal, yaitu 4 soal matematika, 3 soal fisika, dan 3 soal biologi dengan waktu 7 menit. Jika tidak bisa menjawab, peserta diperbolehkan pass dan jika masih ada sisa waktu maka pertanyaan akan dibaca kembali. Penilaiannya yaitu jika benar mendapat 100 poin dan jika salah tidak mendapat poin.

Sistem Distributif, pada soal distributif atau lemparan setiap kelompok menjawab 5 soal dengan waktu 1 menit tiap soal. Jika kelompok A bisa menjawab mendapat 100 poin, jika tidak bisa menjawab maka soal dilempar ke kelompok B, jika kelompok B bisa menjawab mendapat 100 poin dan jika tidak bisa menjawab tidak mendapat poin. Soal hanya dapat dilempar satu kali pada kelompok di sebelahnya.

Kemudian sistem rebutan, di babak ini, akan diberikan soal untuk dijawab secara rebutan, jumlah soalnya adalah 20 soal dengan rincian 6 soal matematika, 6 soal fisika

Leave a Reply