205 Anggota Dan PNS Polres Brebes Jalani Pemeriksaan kesehatan

KoranKu-Brebes-Sedikitnya 205 anggota polisi dan PNS yang bertugas di Polres Brebes menjalani pemeriksaan kesehatan secara serentak, Senin (20/3/17) siang. Pemeriksaan yang dilaksanakan di Poliklinik Bhayangkara Polres Brebes ini melibatkan tim kesehatan dari Polda Jawa tengah.

Paur Kesehatan Polres Brebes Dr. Nani Yulia menyampaikan, pemeriksaan meliputi cek fisik, laboratorium, treadmil, rontgen dan ECG. “Tes kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin setiap dua kali dalam setahun untuk mengetahui jenis penyakit anggota polisi dan solusi untuk mengatasinya,” kata Nani Yulia.

Kapolres Brebes, AKBP Luthfie Sulistiawan SIK MH MSi yang juga ikut diperiksa menjelasakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Bidang kesehatan Polda Jateng dan Laboratorium yang ditunjuk untuk melaksanakn pemeriksaan rutin berkala dijajarannya.

Kegiatan ini, kata Lutfie dilaksanakan bergilir kepada anggota yang telah ditunjuk. Pemeriksaan terhadap anggota ini dilakukan minimal 2 kali dalam setahun.

“Ini yang pertama ditahun 2017 dan diikuti sebanyak 205 personil. Sedangkan anggota yang lain akan digilir pada tahap pemeriksaan berikutnya,” jelas Kapolres Brebes.

Menurut Lutfie, pemeriksaan dilakukan menyeluruh terkait untuk mengetahui kesehatan anggota. Adapun hasil pemeriksaan dapat diketahui sekitar lima belasa hari kedepan.

“Tujuan pemeriksaan kesehatan ini, adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota untuk melaksanakan tugas. Mengingat tugas dan tanggung jawab setiap anggota Polri yang begitu berat dalam melayani masyarakat,”kata Lutfie.

Sehingga hal ini, lanjut Lutfie sangat diperlukan agar dapat mendukung pelaksanaan tugas sehari hari tiap anggota polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Adapun pemeriksaan kesehatan meliputi Pengecekan tensi, gigi, darah, urin, rontgen, jantung (EKG) dan Treadmill untuk usia di atas 40 tahun”, jelas Kapolres.

Lebih lanjut Lutfie menjelaskan, Jika dalam pemeriksaan tersebut terindikasi ada anggota yang mengalami gangguan kesehatan, maka rujukan akan segera diberikan untuk pengobatan.

“Pemeriksaan kesehatan ini untuk kebaikan semua. Kegiatan ini sebagai langkah institusi untuk menunjang kinerja anggota kepolisian dalam menjalankan tugas negara,” pungkasnya.

Leave a Reply